try click here

July 21, 2011

kelihatan cantik ketika cuaca panas

Matahari dan cuaca panas memang tak bersahabat bagi kulit. Sayangnya kita tak bisa menghindari kedua hal tersebut. Lalu bagaimana cara terbaik menghadapinya agar kita selalu terlihat cantik?
Begini tipsnya.

KULIT

1. Di musim panas, melindungi kulit dari ganasnya sinar ultraviolet (UV) matahari yang bisa menyebabkan penggelapan dan penuaan kulit menjadi prioritas. Namun masih banyak yang enggan
menggunakan tabir surya dengan alasan terasa lengket di kulit, berminyak, serta meninggalkan bekas putih di kulit wajah. Semua keluhan ini kerap dilontarkan oleh mereka yang memiliki kulit berminyak. Bagi yang berkulit kering, keluhannya adalah kulit terasa "berat" jika harus menggunakan pelembap dan tabir surya.
Solusi:
Untuk kulit berminyak, pilih tabir surya oil free (bebas kandungan minyak) hingga terasa ringan. Lebih baik lagi jika tabir surya tersebut juga waterproof (tahan air) sehingga tidak luntur ketika berkeringat, juga rub proof (tahan gosok) sehingga tidak luntur ketika Anda menyeka keringat.
Untuk kulit yang sangat berminyak, gunakan lotion penyerap minyak sebelum menggunakan tabir surya.
Untuk kulit yang kering, solusi paling mudah adalah menggunakan pelembap yang sekaligus mengandung tabir surya.
Tips:
-Apa pun jenis kulit Anda, pilih tabir surya minimum ber-SPF 15. Juga pastikan bahwa tabir surya tersebut sifatnya Broad Spectrum, yakni melindungi kulit dari sinar UVA (penyebab penuaan kulit), juga UVB (penyebab gelapnya kulit).
-Jika Anda menggunakan rias wajah seperti foundation cair, pilih yang juga mengandung tabir surya. Jika foundation cair yang Anda gunakan tidak mengandung tabir surya maka campur dulu dengan lotion atau krim tabir surya di telapak tangan sebelum menggunakannya. Selain memberi perlindungan pada kulit hal ini juga membuat foundation cair lebih mudah dibubuhkan sekaligus nampak sangat menyatu dengan kulit wajah.

2. Untuk mereka yang berkulit kering, perpindahan antara cuaca panas terik di luar dan dinginnya pendingin ruangan (AC) di dalam ruangan membuat kulit jadi lebih kering, bahkan bisa jadi kulit terasa perih. Untuk yang memiliki kulit berminyak, masalah pergantian suhu ini justru membuat kelenjar minyak semakin aktif!
Solusi: Untuk kulit kering, semprotkan facial spray. Untuk kulit berminyak, jangan terlalu sering menghilangkan minyak di wajah dengan membubuhkan bedak karena justru akan "membebani" kulit wajah sehingga membuat wajah akan terlihat seperti topeng. Serap saja minyak tersebut dengan tisu khusus penyerap minyak wajah.

RIAS WAJAH

1. Menggunakan foundation cair di saat cuaca panas menyengat membuat kulit terasa lengket dan wajah terlihat mengilap oleh minyak. Belum lagi masalah cepat melunturnya foundation ketika Anda berkeringat.
Solusi : Pilih foundation cair yang bebas kandungan minyak atau pun yang sangat ringan. Juga, disarankan untuk memilih foundation cair dengan bahan dasar air (bukan minyak) yang teksturnya sangat ringan.

2. Menggunakan rias wajah dengan warna-warna terang rasanya sangat sesuai untuk cuaca yang panas, namun apalah ini tidak membuat tampilan terlihat berlebihan? Juga, mengenakan rias wajah,terutama rias mata di saat terik, kerap luntur sehingga penampilan pun tampak berantakan.
Solusi : Gunakan rias wajah dengan warna-warna yang mendekati warna kulit seperti beige dan krem. Jika Anda merasa bosan dengan warna rias tersebut coba pilih warna-warna pastel yang segar seperti pink lembut, biru ringan, hijau muda, ungu pucat dan sebagainya. Alternatif lainnya adalah gunakan warna metalik yang pucat seperti emas atau perak di sudut mata.
Untuk rias mata yang kerap luntur, pilih formula yang waterproof sehingga tidak luntur ketika berkeringat, dengan warna-warna pastel yang ringan serta memiliki formula anti luntur. Untuk maskara, pilih juga yang waterproof. Jika Anda tetap ingin mengenakan warna-warna terang mencolok, coba gunakan warna tersebut pada kuku tangan dan kaki.

No comments: